Diary PKL BPS Malang 2011

Yak akhirnya stelah sekian lama, gue akhirnya tergerak untuk menulis pengalaman gue di blog gue trcinta ini. Dimanakah gue PKL????? Inilah Jawabannya…..

KANTOR BPS KOTA MALANG

me with Ratna :p

me with Ratna :p

Ya prtama kenalin dulu, klompok BPS terdiri dari prischilla dan ratna. Kami udah mulai praktek disini sejak bulan juni 2011, tgl persisnya gue udh lupa hehe. Pokoknya kita magang disni full 2 bulan. Disini kita kegiatannya kadang suka serabutan. Ya maklum waktu itu emg blm ada pembagian kerja dari kantor untuk mahasiswa magang. Untuk hari senin biasanya kita akan ditempatkan dibagian resepsionis. Untuk hari selasa-jumat kita bakal ditempatkan dibagian entry data. Kadang2 kita juga sering disuruh bantu2 pegawai BPS untuk survey. Biasanya paling sering itu survey ke pasar.

Yak mgkn bertanya2 apa sih yg sbnrnya kita kerjakan disini? Singkatnya disini sebenarnya kegiatan paling byk dan inti itu adalah melakukan survey dan menganalisis data kependudukan. Kalo lagi pas musimnya survey, wiuuhh dikantor pasti byk bgt tuh tumpukan kertas2 yang isinya hasil data survey sekota. Dan yg paling kasihan pasti petugas entry nya. Mata sampe kering rasanya (pengalaman gue hehe) kalo pas lagi dpt tgs entry data. Bisa lembur sehari semalam.

Tapi untung banget yak selama kita magang disini kita gak sendiri berdua aja karena kita jg dpt temen baru yg kebetulan jg magang disini. Jadi kerja berat terasa ringan karena dikerjakan rame2 haha..

the team work BPS :))

the team work BPS :))

Beberapa hal yg menyenangkan disini adalah….

1. kerja nya santai haha.. iya santai dan byk bercandanya. Beda bgt sm pengalaman tmn2 gue yg praktek magangnya kyk di kantor pajak, BI, dsb.

2. pegawainya ramah2 walo ada jg sih beberapa yg suka jutek huuu..

3. dpt pembimbing yg baik, santai tp serius jg org nya

4. sering dpt traktiran makan siang dr pegawai disini haha

5. lokasi kantornya deket sm rumah gue jd kadang gue bisa jalan kaki. Hemat uang saku hehe

Namun ada juga tuh bumbu2 pedes yg gk nyenengin, yaitu……

1. ketemu pegawai yg suka jutek dan kyknya emg gak bisa senyum kali yak..

2. pernah sekali dpt omelan dr pembimbing gara2 ketauan lg asik santai2 pas jam kerja hehehe

Yak skrg cerita pengalaman disini..

Minggu2 awal kita disini masih santai kerjanya. Kebanyakan Cuma disuruh bantu2 gitu. Jiaahh, kayaknya kurang maksimal bgt yah. Biasanya kita ditugasin buat jadi resepsionis. Itupun jadwalnya jg bergiliran karena waktu itu lumayan banyak juga anak2 yg ngambil magang disini. Selain jd resepsionis, kita juga ditugasin merapikan berkas2 juga. Disela2 jm kerja yg msh santai itu, kita jg nyempetin buat dorama alias fto2 hehe…

Dan diantara tugas2 itu yg paling berat itu kalo pas kita dpt tgs entry data dan menghitung data pake rumus2. Aduuhh, ampuunn susaahh bingit (>_<) tp mgkn disinilah inti yg paling penting. Belajar rumus2 perhitungan ala statistic.

Di pertengahan minggu kita udh mulai diajarin buat survey juga. Nah, ini nih kegiatan yg paling menyenangkan buat kita soalnya selain kerja kita juga dpt traktiran makan siang karena waktu survey kadang bisa seharian haha.. selain itu tiap hr jumat, kita juga diwajibkan buat ikut senam aerobic lho. Hehe lucu2 deh liat ibu2 sm bpk2 pegawai disini pd senam aerobic gitu. Dan sehabis senam kita semua dpt sarapan gratis hihi..

Di minggu2 akhir kita disuruh menyiapkan judul laporan magang. Yap, wajib buat bagi anak2 magang tuh sbg syarat untuk mendapatkan nilai dan sertifikat.

Dan menjelang akhir2 kegiatan magang, sebelum berakhir dan kembali ke kampus kita pun menyiapkan sebuah kenang2an untuk diserahkan ke pihak kantor. Yaa sebagai ucapan terima kasih karena udh diijinkan praktek disini dan jg bimbingannya 🙂

Dan alhmdlh, dari kegiatan magang ini kami dapat Remunerasi. Walo gak banyak tapi kita bersyukurlah setidaknya dikasih duit hehe..

Dan pelajaran yg gue dapet dr kegiatan magang ini adalah…

1. dunia kerja itu keras. Kuat2nya kita aja buat ngejalaninnya. Intinya persiapkan mental dan fisik

2. kerja itu berat. Beda kyk sekolah ato kuliah. So pinter2lah berhemat duit karena nyari duit itu berat dan susah

3. kerja itu harus disiplin, jgn santai2. Mgkn saat ini msh bisa santai karena status kita disini msh anak magang tp bd lg kalo udh jd pegawai bnrn

And finally,

Gue pengen ucapin makasih yg sebesar2nya buat pihak BPS Kota Mlg yg udh ngijinin kita praktek disini dan sedikit merepotkan hehe, buat pembimbing kita Bapak Heri yg udh bersedia mem

foto kenangan hari terakhir PKL :')

foto kenangan hari terakhir PKL :’)

bimbing kami dgn sabar dan telaten juga selalu menegur kita disaat kita udh mulai malas hehe, Bapak Agus yg udh kasih kita traktiran makan siang makasih byk lho pak kalo bisa yg srg2 aja hehe, ibu Wahyu yg udh sabar banget ngadepin kelakuan kita dan jg buat semua pegawai disini deh makasih banyak semuanyaaaaa 🙂

 

 

Leave a comment