Fakta Unik Tentang Donat

Hari gini sapa sih yg gak kenal sama makanan yg satu ini. Dr ank kecil sampe org tua pasti udh pernah mencicipi. Yak makanan empuk dengan ciri khas lubang ditengah ini namanya DONAT.

Penganan berbentuk cincin dengan tektur empuk dan gurih manis ini disukai banyak orang di dunia. Bisa diberi topping apa saja. Donat punya sejuta fakta dan cerita. Dari mana asalnya? Berapa kalorinya dan apa itu hari donat?

Meskipun bukan makanan baru, donat selalu saja menarik perhatian. Apa saja fakta unik seputar donat yang belum Andacketahui? Simak 10 fakta yang diungkap oleh newsfeed.time.com ini.

1. Asal Donat

Tidak ada yang tahu siapa orang pertama pemilik ide memakai minyak panas untuk membuat kue. Sama seperti brownies, donat awalnya dibuat karena kesalahan. Salah satu kisah menyebutkan ada seekor sapi di jaman kolonial yang menendang sebuah panci berisi minyak. Kemudian minyak tersebut tumpah keatas adonan kue, maka lahirlah kue donat.

2. Doughnut Girls dan Doughboy

Selama Perang Dunia I, pekerja wanita di Salvation Army menjadi “’Doughnut Girls” dimana mereka berada di garis terdepan. Gadis Donat membuat dan memberikan donat untuk tentara Amerika di Prancis yang rindu kampung halamannya dan tentara ini disebut “Doughboy.” Bagi mereka, donat telah menjadi simbol dari rumah.

3. Olykoeks

Donat disebut “olykoeks” saat pertama masuk ke Amerika. Saat itu Amerika Serikat masih dibawah kontrol Belanda. Kata tersebut berasal dari bahasa Belanda yang berarti oly cakes atau kue berminyak.

4. Mesin Donat

Mesin donat pertama dibuat pada tahun 1920 di kota New York. Setelah perang berakhir, Adolph Levitt yang merupakan pengungsi asal Rusia membuat mesin donat dan kemudian menjadi buah bibir di seluruh penjuru kota

5. Donut vs Doughnut

Kata “donut” atau “doughnut” dalam bahasa Inggris sama-sama dapat dipergunakan untuk menyebut donat. Kata “donut” hanya kependekan dari “doughnut”, yang dipopulerkan di abad 20 oleh gerai Dunkin’ Donut.

6. Produksi Donat di Amerika

Orang Amerika sangat menyukai donat. Sampai-sampai lebih dari 10 milyar donat dibuat di Amerika Serikat tiap tahunnya. Wehh, ternyaata org bule pd demen makan donat yaa..

7. Hari Donat

Di Amerika Serikat ada hari peringatan untuk donat. Tanggal 7 Juni dirayakan sebagai National Donut Day dan umumnya dirayakan dengan pembuatan donat unik. Oh baru tau jg yg ini. Kira2 kalo lagi memperingati hari donat nasional ada upacara benderanya juga gak ya? hehe

8. Gerai Donat Terbanyak

Kota Boston Amerika Serikat memiliki gerai donat terbanyak. Ada sekitar 250 gerai donat dibuka di sana. Bila dibandingkan jumlah penduduknya, maka ini sama dengan satu gerai per 2.480 orang.

9. Dunking Donut

Mencelup donat ke dalam minuman atau dunking donut mulai populer tahun 1934, setelah Clark Gable melakukannya pada acara “It Happened One Night.” Tapi konon kejadian pencelupan donat pertama terjadi di gerai donat kota New York saat aktris Mae Murray tak sengaja menjatuhkan donatnya ke dalam secangkir kopi panas.

10. Kalori Donat

Banyak orang yang lebih memilih croissant atau bagel untuk sarapan dibanding donat. Mereka berpikir donat tidak sehat. Padahal di gerai Dunkin’ Donut, sebuah donat selai mengandung 260 kalori, sedangkan croissant 310 kalori, dan bagel tanpa cream cheese mengandung 320 kalori.

(sumber: bbs)

Leave a comment